5 Tanda Keuangan Yang Sehat

Finansial52 Dilihat

5 Tanda Keuangan Yang Sehat – Sebagian orang mungkin belum banyak mengetahui kondisi keuangan pribadinya sendiri, bahkan mereka bisa saja salah dalam mengaturnya. Mungkin Anda sudah cukup berpikir bagaimana cara mengelola keuangan yang baik, namun apakah keuangan Anda sudah cukup sehat.

Mari simak beberapa ulasan berikut ini :

Ciri atau Tanda Keuangan Yang Sehat

Penghasilan bulanan

Seberapa besar penghasilan Anda dalam sebulan, termasuk penghasilan bersih dan kotor dari bisnis sampingan. Pertanyaan seperti itu tentu akan Anda jawab dengan kata ” kira-kira “. Anda tidak tahu dengan pasti berapa jumlah penghasilan Anda perbulan setelah dikurangi pajak atau bahkan Anda juga tidak tahu seberapa besar kewajiban membayar tagihan Anda.

Penting bagi Anda untuk mengetahui hal tersebut, sebab dengan menguasai kondisi keuangan pribadi perbulan, Anda akan lebih mudah dalam menyusun anggaran bulanan nantinya.

Ciri dan tanda keuangan yang sehat

Biaya pengeluaran bulanan

Ketahui berapa total pengeluaran perbulan Anda dengan mencatat semua daftar pengeluaran selama satu bulan. Tulis secara detail mengenai jumlah uang yang perlu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Hal ini tentu sangat penting bagi Anda untuk memahami tiap pengeluaran agar Anda dapat mengetahui dan mengidentifikasi sektor kebutuhan mana yang dirasa paling penting.

Dengan mengetahui biaya ini, Anda akan bisa mensiasati pengeluaran tersebut dengan berbagai cara tertentu supaya ada sisa uang untuk simpan.

Investasi

Mungkin Anda sudah memiliki tabungan, atau bahkan Anda juga sudah berinvestasi. Namun apakah Anda tahu berapa banyak dana investasi yang Anda miliki saat ini. Investasi tidak hanya yang akan kita ambil saja, sebagai contoh, jika Anda seorang karyawan yang sudah mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan, jaminan kecelakaan dan lain-lain.

Maka Anda harus bisa mengkalkulasi nilai investasi itu sehingga Anda dapat menghitung kembali pendapatan yang akan dihasilkan dari investasi tersebut.

Kekayaan Bersih

Apa kekayaan bersih itu juga harus diperhitungkan? Hal ini sangat penting bagi Anda untuk mengetahui nominal dari total aset yang Anda miliki saat ini. Secara sederhana, perhitungan kekayaan bersih adalah selisih antara apa yang dimiliki seseorang dengan jumlah keseluruhan hutang.

Aset-aset dalam bentuk investasi seperti rumah dan mobil juga harus diperhitungkan dalam mengatur kekayaan bersih. Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki kekayaang bersih surplus, namun sebaliknya jika hasilnya negatif, Anda perlu memulai lagi untuk memperhatikan kondisi finansial Anda dengan membuat perubahan rencana keuangan baru yang lebih efektif.

Nilai Utang

Dari point di astas bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menghitung semua kekayaan bersih yang Anda miliki. Bandingkan seluruh aset dengan jumlah hutang dan pengeluarannya.

Rasio hutang terhadap pendapatan bisa menunjukkan seberapa besar hutang Anda dan berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai contoh, Ketika Anda memeriksa laporan kredit selama 3 bulan terakhir, terdapat jumlah tagihan mobil dan cicilan rumah. Usahakan rasio hutang tidak lebih besar dari 50% dari penghasilan Anda dalam sebulan.

Jika ternyata lebih besar, maka Anda harus siap-siap mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *